Jumat, 03 Februari 2012

Menanam Melon di Pekarangan | TEKNIS BUDIDAYA MELON | Meningkatkan Produktivitas Melon | PELUANG USAHA BUDIDAYA MELON

budidaya melon hidroponikBUDIDAYA MELON DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK

Bisnis melon memang bukanlah bisnis yang kecil. Biasanya, orang-orang yang berbisinis di bidang ini melakukannya dengan skala yang besar di lahan yang luas. Namun, siapa sangka kalau melon juga bisa ditanam di lahan yang terbatas.

Misalnya saja pekarangan rumah Anda. Beberapa pekebun memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk membuat greenhouse. Dengan greenhouse, tanaman melon bisa terlindung dari cuaca yang tidak diinginkan, seperti hujan deras dan angin kencang.

Untuk pembibitan dan cara penanaman melon di pekarangan rumah, memang tidak jauh berbeda dengan pembibitan melon di lahan. Hanya saja, wadah yang bisa digunakan di pekarangan adalah pot atau polibag berdiameter minimum 30 cm. Namun, pot yang tidak mempunyai kaki harus diganjal dengan batu bata agar sisa air siraman bisa turun dengan leluasa. Pot yang sudah ditanami bibit melon, sebaiknya diletakkan dengan jarak 1-1,5 m dengan jarak antarbarisan 1,5 m.

budidaya melon organikMeraup Rezeki dari Budidaya Melon

Tanaman melon tetap membutuhkan ajir. Apabila pekarangan tempat menanam melon berupa lantai semen, ajir tentu tidak bisa ditancapkan. Maka untuk mengakalinya, ajir bisa dibuat dengan tiga kaki. Maksudnya, tiga batang ajir disatukan di bagian atasnya sehingga ajir tidak akan roboh.

Dari sisi perawatan tanaman, melon dalam pot juga tidak jauh berbeda dengan tanaman di lahan luas. Karena melon yang ditanam sedikit, penggunaan pupuk dan pestisida harus diperhitungkan. Jangan sampai menyisakan pupuk dan pestisida yang sudah dicampur air terlalu banyak karena hal ini berarti pemborosan.

Apabila jumlah tanamannya hanya sedikit, penyemprotan bisa dilakukan dengan hand sprayer. Namun, jika tanamanan berjumlah puluhan gunakanlah sprayer pull push yang hanya berupa lobang nozel dan selang, tanpa tabungnya. Karena itu, dalam penggunaannya sprayer ini harus disambungkan dengan ember atau wadah lain sebagai wadah larutan pestisida.






Grab The Bookmarketer For Your Site
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...