Jumat, 15 Juli 2011

Petani Jamur Merang

Seputar Budidaya Jamur Merang, info ini saya kutip dari milis , nah ini salah satu keuntungan dari mengikuti milis nih…selain nilai silaturahmi , juga ada nilai bisnis nya juga…. Semoga bermanfaat. Saya ada sedikit info untuk budidaya jamur merang.
dulu (+/- 3 thn yl) saya sempat menjadi petani langsung.

Sebagai gambaran dasar dan hal yang harus disiapkan sebelum berbudidaya jamur merang.
1. Lahan harus pasti cukup luas (untuk satu kubung tempat penanaman perlu +/- lahan 5×12 m)
2. kapasitas satu kubung untuk satu siklus tanam (+/-) satu bulan antara 300 s.d. 400 kg jamur. Idealnya kalau kita pingin panen tidak terputus dan tenaga kerja bisa efisien kita harus memiliki paling tidak 6 s.d 8 kubung.
3. Lokasi harus dekat dengan bahan baku, terutama Merang/ jerami / batang padi sisa panen padi.

4. Sumber air harus cukup bagus.
5. Diusahakan jauh dari pemukiman warga, karena ada bau tidak sedap diantara proses vermentasi/ pembusukan jerami/merang.
6. Untuk proses sterilisasi dan penguapan ruang sebelum penyebaran bibit, saat itu saya menghabiskan rata-rata 120 liter minyak tanah dalam waktu +/- 12Jam
7. Bahan baku lain yang harus diperhatikan limbah kapuk kapas (bukan kapas sintetis) karena konsumsinya cukup banyak juga setiap siklusnya.

mungkin itu yang bisa saya sampaikan.





Grab The Bookmarketer For Your Site
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...